Saturday, July 19, 2014

Lebih Menghargai Orang lain chapter 2 summary

kita semua memiliki keinginan yang tak terpenuhi untuk mengetahui apakah kita dihargai untuk mengetahui apakah kita ini penting atau tidak. mengesankan kebaikan pada diri seseorang tidak sama dengan pujian, perbedaannya terdapat pada maksud yang tulus.

"Jangan mudah menyerah, teruslah berada di jalurmu, tidak perduli apa kata orang padamu, kau itu penting dan kau bisa meraih sesuatu yang hebat", kata Muhammad Ali.

berbeda dari pujian maksudnya adalah diperlukan sebuah pengamatan terhadap seseorang dengan baik untuk mengetahui apa yang bisa ditegaskan dan menyadari apa yang benar-benar penting darinya.

pujian biasanya hanya sebuah pengakuan terhadap sifat yang tidak bijaksana, sebuah pengkhianatan atas kepercayaan. setiap orang berhak dihargai atas moment atau kejadian penting dan terbaik dalam hidupnya. saat kita memperlakukan orang sesuai dengan apa dirinya saat ini, kita akan membuatnya menjadi lebih buruk dibanding dirinya saat ini, jika kita menghargainya, memperlakukannya seakan-akan dia telah mencapai potensinya, kita akan membuatnya menjadi dirinya yang seharusnya.

salah satu moment yang paling mengesalkan dan membuat frustasi adalah saat kita dikecewakan atau dihianati, tapi dari kejadian itu pula kita bisa mendapatkan moment yang langka, moment yang akan dikenang dan meninggalkan kesan yang mendalam. pada akhirnya kita akan menjadi orang yang berpengaruh dan membuat diri kita berbeda, melangkah ke sebuah tempat yang lebih tinggi di benak dan hati orang lain.

kalian membutuhkan moment-moment itu untuk menunjukkan kalian mengutamakan kepentingan orang dan dapat dipercaya dan biasanya kalian punya waktu beberapa detik untuk menyadari hal itu.

terkadang menegaskan kebaikan di dalam diri orang lain berarti mengingatkan diri kita bahwa kebaikan itu terdapat di dalam diri orang lain. tapa adanya rasa saling menghormati, maka tak ada hubungan yang bisa bertahan. hanya dengan menghormati, konflik yang sengitpun bisa di pecahkan.



summary
kenali orang disekitarmu, hormati dan hargai mereka, maka kamu akan mendapatkan tempat yang berkesan dihati mereka.

No comments:

Post a Comment