Sunday, August 11, 2013

grammatik: sein, haben, trinken, und kommen with Nomen

jangan takut baru denger kata grammatik. gak seheboh itu kali. cuma grammar. just releax.... tarik nafas deh sebelum baca makin ke bawah biar gak stress dulu...

pada tema grammatik kali ini akan membahas beberapa grammatik yang gak susah dan sering dipake:
~ sein = adalah
~ haben = memiliki
~ trinken = minum
~ kommen =  datang


kita mulai dari "sein" terlebih dahulu:

ich bin
du bist
er / sie / es ist
wir sind
ihr seid
sie/Sie sind

catatan:
yang paling perlu diingat dari konjugasi di kata ini cuma satu, yaitu "er/sie/es" karena pada bagian itu paling berubah dari kata kerja awal yaitu "sein". kenapa "ich" dan "du" tidak termasuk? karena dalam percakapan dan beberapa hal kita akan lebih sering memakainnya. jadi semakin sering dipakai maka akan semakin ingat. ingat membedakan "sie" pada "er/sie/es" dan "sie" di "sie/Sie" karena pada "er/sie/es", "sie" disana berarti dia(perempuan) dan pada "sie" di "sie/Sie" berarti mereka. apalin satu-satu dulu.... pake dalam sebuah kalimat dan menulis bisa membantu kalian, menulis lebih banyak itu akan lebih bagus. dan kata kerja selalu berada di posisi kedua, yang berarti setelah subjek akan langsung kata kerja.

"haben":
ich habe
du hast
er/sie/es has
wir haben
ihr habt
sie/Sie haben


"trinken":
ich trinke
du trinkst
er/sie/es trinkt
wir trinken
ihr trinkt
sie/Sie trinken

"kommen"
ich komme
du kommst
er/sie/es kommt
wir kommen
ihr kommt
sie/Sie kommen


catatan:
disini bisa diliat sebuah kata yang regular akan berubah perkata dan pada "er/sie/es" atau pada "ihr" mereka tak akan berubah, mereka akan punya pola yang sama.


karena kita sudah membicarakan kata kerja maka tak bagus rasanya kalo saya tidak menuliskan apa saja yang penting pada kata benda. karena kata kerja tak bisa hidup sendirian. dia butuh kata lain yang menjelaskan lebih detail yaitu kata benda.


kata benda (Nomen)
kata benda dalam bahasa jerman dibagi menjadi 3 artikel yaitu: der, die, dan das. jangan bilang susah dulu. belom saya jelasin dan belom diterangin. ini gampang kok. yang dibutuhkan adalah sebuah pemahaman bukan pengapalan. jangan menuhin otak dengan pusing ini artikelnya apa. peraturan untuk kata benda:
~ kata setelah artikel itu huruf besar atau kapital.
    contoh: das Buch
~ ketika dia berubah menjadi plural atau banyak semua artikelnya akan berubah menjadi "die"
   contoh das Buch (1) ===> die B├╝cher

~ belajarlah Nomen atau kata benda selalu bersama dengan pluralnya.


 

No comments:

Post a Comment